PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT

Hadits Tentang SABAR

Definisi sabar menurut Sufi ternama adalah menjauhi perselisihan, bersikap tenang dalam menghadapi cobaan yg menyesakkan hati, dan menampakkan rasa kecukupan ketika ditimpa kesusahan dalam kehidupan. Sedikit berbeda dengan Ar –Raghib Al-Asfihani yg mengatakan bahwa sabar memiliki makna yg berbeda sesuai dengan konteks kejadiannya. Menahan diri saat ditimpa musibah dinamakan shabr (sabar), sedangkan lawab katanya jaza’ (Gelisah,cemas,Risau), menahan diri dalam peperangan dinamakan syaja’ah (keberanian) dan lawan katanya “jubn” (pengecut,lari dari peperangan), menahan diri dari kata-kata kasar disebut kitman (diam) dan lawan katanya ihdzar/hadzar (mengecam, marah). Namun , secara umum, semua yg berkaitan menahan biasannya dikategorikan sabar.


Nah akhi ..
Mengenai sabar, Allah SWT. Berfirman dalm Al-Qur’an surah Ali ‘Imran, 3:200. Ayat ini memerintahkan untuk bersabar dalam menjalani ketaatan ketika mengalami musibah, menahan diri dari maksiat dengan jalan beribadah dan berjuang melawan kekufuran serta bersiap siaga penuh untuk berjihad di jalan Allah SWT. Tentang ayat ini, Shal bin Sa’ad meriwayatkan sebuah hadist dari Rasululloh SAW. Bahwa, “Satu hari berjihad di jalan Allah itu lebih baik ketimbang dunia dengan segala isinya” (HR. Al-Bukhari dan At-Tirmidzi).

Memang banyak akhi perbadaan pendapat di antara para ulama, tapi perbedaan pendapat itu pun juga merupakan rahmat buat kita. Namun, walau mereka berbeda pendapat tak ada satu pun pendapat mereka yang salah, dan yang pasti sabar sangat di tuntut dalam islam.
Semoga bermamfaat ya AKHI..
Share this article :

Post a Comment

 
Maker : Muhammad Djailani
Copyright © 2011. PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT - All Rights Reserved
powered by Blogger