PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT

Ayat Kursi dan Khasiatnya


Ayat Kursi dan Khasiatnya - Ketika Ayat Kursi turun kepada Nabi Muhammad SAW. untuk mengagungkan derajatnya (Ayat Kursi) itu maka turun bersamanya tujuh puluh ribu (70,000) malaikat yang mulia.

Nabi Muhammad s.a.w.  bersabda: 
“Sesungguhnya seagung-agungnya ayat dalam Al-Quran adalah Ayat Kursi, Barangsiapa membacanya niscaya Allah s.w.t. mengutuskan malaikat untuk menulis dari kebaikan-kebaikannya dan menghapus dari keburukan-keburukannya dari ketika itu sampai hari esok.” 

“Barangsiapa keluar dari rumahnya dan dibacanya Ayat Kursi maka Allah s.w.t. mengirimkan tujuh puluh ribu (70,000) malaikat yang meminta keampunan serta mendoakannya.”

“Barangsiapa yang pulang kerumahnya dan dibacakannya Ayat Kursi maka Allah s.w.t. tanggalkan sifat fakir dari diantara kedua matanya.”

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika hendak tidur maka ia dijaga oleh dua malaikat hingga pagi hari.”

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi dan menghadiahkan pahalanya kepada ahli kubur maka Allah s.w.t. memasukkan empat puluh nur kedalam setiap kibur  dari dunia Timur sampai kedunia Barat dan DIA luaskan kubur itu serta didapatkannya pahala 60 Nabi.”

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi dan akhiran Surat Al-Baqarah disaat kesusahan maka Allah s.w.t. menolongnya.”

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi selesai sembahyang fardhu maka Allah s.w.t. yang menanggani pencabutan nyawanya, yakni DIA perintahkan malaikat maut untuk berhati-hati dalam mencabut nyawanya dan ia seperti Mujaddid yang berperang membela para Nabi Allah s.w.t. hingga akhirnya mati syahid.”

“Barangsiapa yang membaca Ayat kursi disaat sakit maka Allah s.w.t. senangkan Sakaratul-maut hingga selesai.”

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi  sehabis sembahyang fardhu maka ia tidak terhalang untuk masuk Syurga kecuali oleh kematiannya.” (Diriwayat oleh Anas dan Abu Umamah).

“Allah s.w.t. menyampaikan wahyu kepada Musa a.s:  “Barangsiapa yang mengamalkan membaca AYAT KURSI sehabis setiap sembahyang maktubah maka AKU berikan kepadanya pahala orang-orang Muttaqin dan amal-amalnya Shodiqin.”

Dari sahabat Anas, Imam Baihaqi mengutarakan: “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai sembahyang maka ia akan dijaga oleh Allah s.w.t. sampai selesainya sembahyang yang berikut dan tiada seorang pun yang menjaga dan mengamalkan Ayat Kursi selain Nabi, Shiddiq atau Syahid.”

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi disaat sejumlah kalimatnya (50 kalimat) atau sejumlah hurufnya (170 huruf) lalu memohon kepada Allah s.w.t.. maka Allah akan memenuhi permohonannya dan hajatnya.”

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi sejumlah rasul pejuang Badar atau pasukan Tholut yakni seramai 313 orang, lalu memohon kepada Allah s.w.t. keperluan duniawi atau ukhrawi maka terpunuhilah hajatnya.”

“Barangsiapa yang punya hajat mencari rezeki, maka bacalah AYAT KURSI sebanyak 170 kali dan disambung dengan membaca “Yaa Kafii Yaa Ghoniyyu Yaa Fattahu Yaa Rozzaq” sebanyak 3000 kali maka ia akan peroleh kecukupan dalam hal Rezeki.”

Imam al-Ghazali mengatakan: “Siapa yang menginginkan keuntungan mempunyai kewibawaan, dimuliakan, terlindung dari bahaya dan tipu daya musuh, di indahkan tutur katanya dan luas rezekinya menjadi kaya raya, maka bacalah “Yaa Hayyu Yaa Qoyyum” setiap hari dan malam sebanyak 1000 kali dan siapa yang kesusahan maka perbanyaklah bacaan  “Yaa Hayyu Yaa Qoyyum Birohmatika Astaghitsu.”

Untuk mengobati orang pingsan:  dibaca pada kepala orang yang pingsan Ayat Kursi sebanyak 21 kali lalu ditiupkan ke telingannya.

Mengobati orang yang kerasukan jin: Telinga kanannya di adzankan sebanyak 7 kali lalu dibacakan Surah Al-Fatihah, Mu’awwidzatain, AYAT KURSI, Surah Ash-Shafaat akhir sekali Surat Al-Hasyr dan Surah Ath-Thariq, maka ia akan bebas dari kerasukan jin.

“Barangsiapa membaca ayat kursi ketika mengiringi setiap sholat fardhu, maka diampuni dosanya dan dihapuskan Allah s.w.t. dari setiap kejahatan.”

“Barangsiapa mengharapkan keberkahan pada makanan dan Uang simpanan maupun yang lainnya, hendaklah dibacanya ayat Kursi sebanyak 50 atau 313 kali serta setiap kali selesai dibaca kemudian dihembuskan kepada benda yang dimaksudkan dengan niat yang ikhlas dan yakin, Insya Allah akan mendapat hasil yang mengherankan.”

“Barangsiapa yang membaca ayat Kursi ketika hendak tidur nescaya ia akan terpelihara daripada kejahatan jin, syaitan laknatullah maupun kejahatan manusia dan binatang.”

Pesan Baginda Rasulullah s.a.w. kepada Ali: “Apabila engkau mempunyai suatu hajat, maka bacalah ayat Kursi kemudian langkahkan kaki kanan lebih dulu. Mudah-mudahan apa-apa yang dihajatkan diperkenankan oleh Allah s.w.t.” 

“Barangsiapa yang membaca ayat Kursi tiap pagi (sesudah sholat Subuh) sekali, Insya Allah akan terpelihara dari kejahatan pada hari itu dan apabila dibacanya pada malam hari (sesudah sholat Maghrib) maka akan terpelihara dari kejahatan sampai pagi harinya. “

“Barangsiapa yang membaca ayat Kursi pada tengah malam serta menghadap Kiblat pada tempat yang sunyi dan bersih sebanyak 180 kali kemudian setelah selesai meminta kepada Allah s.w.t. apa yang dicita-citakan, Insya Allah segala apa yang diharapkan akan terkabul.”

“Barangsiapa yang membaca ayat Kursi ketika hendak keluar rumah, niscaya Malaikat akan mengawal dan memeliharanya.”

“Menurut Abu Hamid al-Ghazali berpendapat bahwa untuk menghilangkan kesedihan, kesusahan dan kesulitan yang menimpa sangatlah baik sekali dibacakan ayat Kursi ini sebanyak 313 kali dengan syarat-syarat: setelah selesai sholat Isya, Dibaca pada tengah malam, Ditempat yang sunyi serta suci (terhindar dari manusia) dan dengan wudhu yang sempurna dan apabila selesai wirid lalu berdoa kepada Allah s.w.t. dengan doa ayat Kursi sebanyak 7 kali (apa yang dihajatkan), Insya Allah akan terkabul.”

Adapun khasiat dan kegunaan bacaan ayat kursi banyak sekali, diantaranya ialah: 
 
Barang siapa yang membaca ayat kursi, maka ia akan:

a. Terpenuhi semua hajatnya, hilang kesedihan / kesusahannya, luas / banyak rizqinya, tercapai semua tujuan nya dan tertolong dalam semua urusannya.
Dalam sebuah Terjemahan Kitab :

Rosulullah Saw bersabda :
Artinya
Bila engkau menginginkan hajatmu terpenuhi bacalah ayat kursi lalu mulailah dengan kaki kananmu (berangkat ikhtiyar dengan diawali melangkah kan kaki kanan)

Al-Imam Ahmad bin Ali Al-buni RA dalam kitab Tafsir Alqudsi berkata :
Artinya
Barang siapa yang membaca ayat kursi sejumlah hurufnya yaitu seratus tujuh puluh maka Allah menolongnya dalam semua urusannya, memenuhi semua hajatnya, menghilangkan kesedihan, kesusahan atau bahaya yang menimpanya, meluaskan (memperbanyak) rizqinya dan ia akan memperoleh tujuannya.

b. Terhindar dari kefaqiran
Rosulullah Saw. Bersabda :
Artinya
Barang siapa pulang (kembali) ke rumah nya lalu mau membaca ayat kursi maka Allah akan mencabut kefaqiran yang ada di depan kedua matanya (kefaqiran yang menimpa dirinya )
Di terangkan dalam kitab Khozinatul asror halaman 132 bahwa salah satu penyebab kayanya sahabat terkaya (Abdur-Rohman bin Auf Ra) dan terhindarnya dari kefaqiran adalah setiap beliau masuk rumah beliau selalu membaca ayat kursi di empat arah halaman rumahnya.

c. Teratasi kesulitannya serta di mudahkan semua urusannya
Artinya
“Imam Al Kufi Ra berkata : Ini mujarrab sekali (tidak ada bandingannya), siapa yang membaca ayat Kursi untuk memudahkan urusan atau mengatasi kesulitan sebelum bertandang, tentu Allah memudahkannya”. 

d. Mendapatkan kemampuan mengusir syetan, Jin, sihir. Dan lain sebagainya
Rosulullah Saw bersabda :
Artinya
Tak ada rumah yang dibacakan ayat Kursi kecuali Syetan-syetan lari selama 30 hari dan tidak akan bisa dimasuki sihir atau tukang sihir selama 40 hari

e. Mendapatkan Jabatan terhormat, kemampuan mempertahankannya, juga mendapat kan kemampuan memimpin sehingga ditaati, disegani, dihormati dan dicintai oleh semua rakyat yang di pimpinnya.
Artinya
Assayid Muhammad Haqqi An Nazili dan Imam Ahmad Ali Al-Buni Ra berkata : Barang siapa yang membiasakan (istiqomah) membaca ayat Kursi sejumlah fasalnya (17 kali) maka ia akan mendapatkan kedudukan (Jabatan) yang ia cari dan memperoleh apa saja yang ia inginkan. Sifat agungnya ayat Kursi akan kembali pada pembacanya sehingga ia jadi pemberani, berwibawa, disegani, dicintai dan ditundu`i (ditaati) semua makhluk yang ada serta tidak ada seorangpun yang mampu mencelakainya, baik dengan ucapan, perbuatan atau usaha-usahanya sepanjang sisa umurnya. Dan siapa yang menjadi pemimpin sebaiknya membiasakan (istiqomah) membaca ayat Kursi agar ditaatii para pengikutnya. 

f. Mendapatkan ribuan berkah dan rahmat dari Allah.
Rasulullah Saw bersabda:
Artinya
Bacalah ayat kursi, sebab dalam huruf-hurufnya terdapat ribuan berkah dan rahmat Allah SWT. 

Hikayah dari Sayyidatina Aisyah RA.:
Suatu hari ada lelaki datang kepada Rasulullah melaporkan tentang keadaan di dalam rumahnya yang serba sial dan tidak ada berkah sama sekali

Lalu Rasulullah SAW bersabda:
Artinya
Dimana ayat kursimu…? Apa saja yang di bacakan ayat kursi baik itu makanan, lauk atau lainnya. Pasti Allah meningkatkan (memperbanyak) berkah benda benda tersebut.
Bahkan ayat kursi juga bisa digunakan untuk memberkahi makanan, minuman dan uang, sekalipun sedikit bisa berkembang menjadi banyak, sehingga cukup untuk semua kebutuhan. Caranya: baca ayat kursi lalu tiupkan pada benda-benda tersebut sampai 313 kali, Insya Allah. Mujarab. Alhamdu lillah Alfaqir telah mem- buktikannya, bifadllillah wa bi`aunihi Taala.
Demikian itu diterangkan dalam kitab Kozinatul-Asror halaman: 128.
  
g. Mendapatkan perisai diri / benteng untuk dirinya, keluarganya, rumahnya, tokonya, anak buahnya dan lain sebagainya (apa saja yang dimaksudkan)
Artinya
Sebagian Ulama ulama ahli khowwas telah berkata: 
Jagalah dirimu dengan bacaan ayat kursi sebagaimana diriwayatkan dalam hadits, bahwa Rosulullah Saw dulu selalu membaca ayat kursi setiap hari tujuh kali dan beliau membentengi dirinya dengan berkah bacaan tersebut.
 Artinya:
Dan Rosulullah membaca ayat kursi pada enam arah kemudian bacaan ke tujuhnya pada minuman lalu beliau meminumnya sampai pada akhir perutnya. Urutan bacaan ini di dapat dari Nabi Muhammad Saw.

h. Mendapatkan kemampuan bertemu dan becakap-cakap dengan bangsa ruhani/ Arwah Muqoddasah.
Artinya
Asyekh Al kabir Muhyiddin Q s. berkata Siapa yang membaca Ayat kursi sehari semalam seribu kali dan membiasakannya selama 40 hari, maka demi Allah, demi Allah, demi Allah, demi haqnya Alqur`an yang agung dan demi utusannya yang mulya terbukalah baginya bangsa ruhani, (mampu melihat / bertemu dengan bangsa ruh suci) sehingga malaikat datang mengunjunginya, memenuhi semua keinginannya, serta bertindak sesuai keinginannya, bagaikan Sultan dan Pembesar. 

i. Menjadi seorang pemimpin yang dihormati, dimulyakan dan diagung-agungkan oleh rakyatnya.
Assayid Muhammad Haqqi An Nazili berkata :
Artinya
Sebagian Ulama khos berkata “Siapa yang ingin menjadi pemimpin dimata Allah dan manusia, maka biasakanlah (istiqomahlah) membaca ayat Kursi”.
 Artinya
Barang siapa yang membiasakan (istiqomah) membaca ayat Kursi setiap hari, maka kembalilah sifat mulyanya ayat Kursi kepada pembacanya, sehingga ia dihormati, dimuliakan dan diagung-agungkan dihadapan Allah dan semua manusia”. 

j. Menjadi kekasih Allah. Yang selalu di jaga olehNya
Artinya
Assayyid Muhammad Haqqi Annazili berkata
Orang yang membiasakan membaca Ayat kursi, akan menjadi kekasih Allah yang selalu di jaga olehnya sebagaimana beliau menjaga kekasihnya Nabi Muhammad Saw.

k. Dijaga oleh Allah dirinya, keluarganya, rumahnya, toko-tokonya, harta bendanya, sehingga terhindar dari sesuatu yang membahayakan dan merugikan.
Suatu Riwayat.
Artinya
Di riwayatkan dari sahahabat Ibnu Mas’ud R a Beliau berkata “Dulu ada seorang laki laki berkata pada Rosulullah, wahai Rosul ajarkan aku sesuatu yang menyebabkan Allah memberikan manfaat untukku,
lalu Rosulullah menjawab, bacalah Ayat kursi..!, karena Ayat kursi menyebabkan Allah menjagamu, keturunanmu, rumahmu, harta bendamu sehingga rumah rumah kecil di sekitar rumahmu.

l. Khasiat dan kegunaan Ayat kursi memang sangat banyak sekali, Alfaqir tidak mampu mengungkapkannya secara keseluruhan.
Sumber : cahayashelawat.wordpress.com

Ayat Kursi dan Khasiatnya.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : ijay.web.id
Copyright © 2011. PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT - All Rights Reserved
powered by Blogger