PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT

Sembilan Bulan Berdiri, Siswi SMP IT Darul Mutaallimin Raih Juara I Olimpiade Matematika

Pengarahan dari Kabid Dikdas Saat Pembukaan Lomba OSN

Senin pagi, 02 april 2018, ketika saya sedang mengajar tiba-tiba ada panggilan masuk di handphone dari Bapak Oka Staf di Dikdas Dinas Pendidikan Aceh Barat. Hallo Assalamu'alaikum benar ini dengan bapak Syahwaludin dari SMP IT Darul Mutaallimin ? Benar bapak, jawab saya singkat. Anak bapak atas nama Sri Utari memperoleh juara pertama dalam lomba olimpiade sains nasional bidang matematika tingkat Aceh Barat dan tolong siapkan berkas-berkas Sri Utari untuk mengikuti Lomba OSN tingkat Provinsi Mewakili Aceh Barat di Banda Aceh". Jika ada hal-hal yang perlu di perjelas bisa bapak langsung datang ke Dinas Pendidikan. Lalu telepon beliau tutup dan saya kebingungan antara senang dan ragu-ragu benarkah siswi SMP IT Darul Mutaallimin juara olimpiade...?

PROFIL SMP IT DARUL MUTAALLIMIN
Upacara Bendera di SMP IT Darul Mutaallimin
Sebagaimana telah saya sampaikan pada saat perkenalan awal di steemit bahwa fokus saya saat ini adalah mengelola Dayah dan SMP IT Darul Mutaallimin bersama teman-teman lainnya.
SMP IT Darul Mutaallimin baru memulai proses belajar mengajar pada tahun akademik 2017-2018, saat ini berada pada awal semester genap (dua), itu artinya saat ini baru memiliki siswi pada tingkat 1 yakni kelas VII dan dikhususkan pada PELAJAR PUTRI saja.
Namun demikian, sekalipun siswi-siswi saat ini merupakan siswi perdana dan baru kelas VII (tujuh), tidak menyurutkan semangat dan langkah kami mengirimkan delegasi untuk mengikuti kompetisi-kompetisi setingkat SMP yang diselenggarakan oleh berbagai pihak; baik pemerintah, swasta, osmas, okp maupun kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat umum.

Tercatat 6 bulan pertama semenjak berdirinya SMP IT Darul Mutaallimin, kami telah mengikuti lomba "sang juara" yang diselenggarakan oleh pihak swasta Art Line (perusahaan jepang skala internasional penyedia perlengkapan ATK), mengikuti lomba pidato se-kabupaten Aceh Barat, yang diseleggarakan oleh kelompok masyarakat, mengikuti berbagai lomba festival anak shaleh se-Kabupaten Aceh Barat, namun sejauh itu hasilnya delegasi dari SMP IT Darul Mutaallimin belum beruntung alias belum memperoleh juara.
Lomba "Sang Juara" yang dilaksanakan oleh perusahaan Jepang Art Line
Kegagalan-kegagalan untuk memperoleh juara pada beberapa event tersebut tidak menyurutkan langkah dan membuat ciut nyali kami untuk kembali ikut pada even-even selanjutnya, justru kami terus memompa semangat siswi-siswi SMP IT Darul Mutaallimin untuk terus belajar dan memperbaiki kekurangan-kekurangan, kami sampaikan kepada para siswi bahwa "prestasi/juara itu adalah hasil dari perjuangan yang dilakukan secara sungguh-sungguh, konsisten dan semangat pantang menyerah. Prestasi/juara itu akan datang dan menghampiri kita ketika kita telah melalui perjuangan, pengorbanan dan keyakinan yang teguh".

APA ITU OSN...?

Peserta lomba OSN dari SMP IT Darul Mutaallimin ; Sri Utari, Reva Maulida dan Sofia Rahmi

Hari itu, 07 Maret 2018 saya memperoleh informasi melalui group WA kepala Sekolah SMP SE-ABAR yang diposting oleh Bapak Nasir Kasi di Dinas Pendidikan Aceh Barat bahwa hari Sabtu, 24 Maret 2018 akan dilaksanakan Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten yang dilaksanakan serentak secara Nasional dengan tiga mata pelajaran yang diperlombakan ; matematika, IPA dan IPS.
Dengan mungucapkan bismillahirrahmanirrahim, saya hubungi dan bermusyawarah dengan para guru khususnya guru matematika (Nur Halimah, M. Pd), IPA (Surya Hafnidar, M. Pd) dan IPS (Azwar, S. Sos) SMP IT Darul Mutaallimin tentang siapa siswi yang layak ikut lomba OSN.
Namun demikian, berangkat dari pengalaman-pengamalan mengikuti lomba sebelumnya, Kami berfikir realistis, bahwa peluang kami untuk bisa menjadi juara dalam lomba ini kecil, hal ini berdasarkan realitas bahwa yang menjadi peserta dalam lomba ini maksimal kelas VIII, sedangkan kami baru memiliki siswa kelas VII, selanjutnya kami juga sadar bahwa sekolah kami adalah sekolah baru dan masih seumur jagung, belum punya pengalaman, terbatas sarana dan prasarana serta lomba OSN ini adalah yang pertama kali bagi siswi kami, sementara yang menjadi lawan adalah sekolah-sekolah favorit di Aceh Barat dengan segudang prestasi dan sudah berpengalaman.
Oleh karena itu, target kami dalam mengikuti lomba ini tidaklah muluk-muluk. Kami berharap bahwa siswi-siswi SMP IT Darul Mutaallimin minimal memperoleh pengalaman awal dalam mengikuti lomba OSN, sehingga kami bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti lomba ASN untuk tahun selanjutnya.
Sabtu, 24-03-2018 bertempat di halaman SMPN 3 Meulaboh, para peserta terbaik dari masing2 SMP se-Aceh Barat berkumpul dan bersiap untuk berkompetisi dalam lomba OLIMPIADE SAINS NASIONAL, memperebutkan juara 1, 2 dan 3 sekaligus kompetisi untuk memperebutkan tiket mewakili Aceh Barat dalam ajang OSN tingkat provinsi. Lomba OSN tingkat kabupaten Aceh Barat dibuka langsung oleh kabid dikdas Bapak. Sopar Sinambela, M. Pd. Mewakili Kadis Pendidikan Aceh Barat yang sedang dinas luar.
Dalam amanahnya, bapak Sopar menyampaikan bahwa olimpiade awalnya hanyalah dalam cabang olahraga' dengan motto “ CitiusAltius , Fortiusyang artinya lebih cepat, lebih tinggi , lebih kuat". Namun saat ini, olimpiade juga sudah masuk dalam bidang sains, yaitu Matematika, IPA dan IPS. Maka beliau berpesan bahwa jika ingin menjadi sang juara dalam lomba OSN ini, para peserta harus memiliki kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal, raih nilai yang paling tinggi dan juga memiliki kekuatan/keyakinan diri layak menjadi sang juara.
Akhirnya, saat yang menegangkan bagi para peserta dimulai, pukul 10. 00 pagi, LOMBA OSN tingkat SMP se-Aceh Barat dimulai dan selesai pada pukul 12.00 siang. Setelah itu para peserta satu persatu pulang ke rumah masing-masing dengan perjuangan yang maksimal dan tentu saja berharap untuk menjadi sang juara.

RAIH JUARA I BIDANG MATEMATIKA

Sri Utari, Juara I Lomba OSN Bidang Matematika

Sembilan hari berlalu semenjak pelaksanaan lomba OSN, kami telah kembali pada rutinitas PBM di Dayah Darul Mutaallimin, yakni : pengajian dayah, pendidikan formal SMP IT Darul Mutaallimin Khusus Putri, Pembinaan Khusus Hafidh Qur'an dan Pembinaan khusus sesuai bakat dan minat santri.
Hingga akhirnya kabar gembira itu sampai kepada kami, bahwa salah satu dari peserta OSN kami memperoleh juara I bidang Matematika. Sungguh ini adalah khabar yang sangat istimewa karena kami adalah sekolah yang baru berdiri dan mengejutkan kami karena ini diluar perkiraan serta jauh melampaui dari target yang kami tentukan. Alhamdulillah, syukran ya Allah atas pemberian-Mu.
Kami sadar bahwa pencapaian ini belumlah seberapa dan masih perlu dibuktikan di tingkat lebih tinggi, tapi prestasi ini jelas telah mengangkat moral kami setelah beberapa kali gagal dalam perlombaan-perlombaan sebelumnya dan yang lebih penting kami semakin yakin bahwa kami mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang lain serta insyaallah pada tanggal 21 April 2018 nanti, kami berkesempatan merasakan atmosfer kompetisi OSN tingkat Provinsi mewakili Aceh Barat dalam bidang Matematika bersama 2 (dua) Peserta lainnya . Semoga bisa maksimal dan memperoleh hasil terbaik. Amin
Bismillahi tawakkalna 'alallahi. Nothing impossible in the world.
Share this article :

Post a Comment

 
Maker : Muhammad Djailani
Copyright © 2011. PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT - All Rights Reserved
powered by Blogger