PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT

MALAM MINGGU SANTRI “MALAM CERIA, PENUH INSPIRASI DAN SYAR'I”



ADA APA DENGAN MALAM MINGGU ?

Jamak diketahui bahwa banyak remaja yang begitu antusias dalam menyambut malam minggu. Penyebabnya malam minggu adalah malam panjang untuk bergadang hingga pagi karena esok paginya libur sekolah maupun kuliah. Bagi yang jomblo, malam minggu adalah ajang untuk ngumpul bareng dengan teman sambil minum kopi, bakar jagung ataupun sekedar nongkrong bersama. Bagi remaja yang sudah mengenal pacaran, malam minggu dianggap malam wajib untuk bisa berkunjung ke rumah pacar, jalan-jalan ditempat hiburan, nonton film maupun nongkrong berdua di mall. (padahal dalam Islam berdua-duaan dengan non muhrim adalah haram hukumnya, apalagi pacaran).

Budaya malam mingguan terasa telah begitu mentradisi di kalangan para remaja, sehingga banyak remaja yang bersusah payah mempersiapkan diri dan materi demi bisa mengisi malam minggu dengan istimewa.  Tidak sedikit dari remaja yang rela mengutang uang sama teman, pinjam pakaian hingga sewa kendaraan demi tampil sempurna dihadapan orang yang “dicintai” atau hanya sekedar untuk gagah-gagahan.

Padahal jika dirunut asal muasalnya, tidak jelas dari mana asalnya malam mingguan itu bermula. Terlebih lagi jika dikaji dari segi manfaat maupun mudharatnya maka akan didapati bahwa malam mingguan yang diisi dengan prilaku yang kebablasan, kegiatan hura-hura maupun dijadikan sebagai momen untuk ketemuan maupun jalan berdua dengan pacar jelas lebih banyak mudharatnya dan cenderung akan menimbulkan sisi buruk bagi pelaku, misalnya tawuran, rentan terhadap penggunaan narkoba bahkan berpeluang besar melakukan dosa besar (perzinahan).

ADA APA DENGAN MALAM MINGGU BAGI SANTRI SMP IT DAYAH DARUL MUTAALLIMIN ?


Kegiatan malam minggu santri SMP IT Dayah Darul Mutaallimin merupakan antitesa dari malam minggu yang pada umumnya dijalani oleh para remaja. Malam minggu santri SMP IT Dayah Darul Mutaallimin merupakan malam yang penuh keceriaan, kebersamaan, diisi dengan kegiatan-kegiatan yang kreatif, penuh inspirasi serta yang paling penting tidak ada dalam kamus malam minggu santri itu ketemuan maupun jalan bareng pacar.

Malam minggu santri adalah MIMBAR BEBAS, sebagai ajang untuk bergembira bersama dan ajang unjuk kemampuan diri. Setiap santri dibebaskan untuk menampilkan suatu persembahan yang disukai dan dikuasai. Ada kelompok santri yang menampilkan drama, ada kelompok santri yang menampilkan group qasidah, ada santri yang secara perorangan menampilkan hafalan Qur’annya, membaca puisi, tilawatil Qur’an dan persembahan-persembahan lainnya.

Yang tidak kalah asyik dari malam minggu santri SMP IT Dayah Darul Mutaallimin adalah MALAM KEKELUARGAAN, dimana keluarga besar Dayah Darul Mutaallimin; mulai dari pimpinan, para ustaz dan ustazah serta para santri berkumpul saling bercengkrama, bakar jagung, bakar bakso dan sekali waktu nonton film-film motivasi yang penuh dengan inspirasi.



MALAM MINGGU SANTRI SEBAGAI AJANG MEMBANGUN KARAKTER DIRI 

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ
“Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. (HR Bukhari, no. 5933)

Masa Remaja adalah masa emas dalam pengembangan diri. Dengan kondisi fisik yang kuat dan sehat, sudah seharusnya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan produktif.  As-Syahid Imam hasan Al-Banna mengatakan bahwa remaja/pemuda memiliki karakter “iman, ikhlas, semangat dan siap berkorban dalam menggapai cita-cita”.

So….masa luang di malam minggu, bagi santri adalah masa dimana peluang untuk mengasah bakat dan minat sekaligus sebagai ajang untuk mengecas “baterai” agar kembali siap menghadapi hari senin dengan semangat dan kesiapan penuh. Selain itu malam minggu adalah saat-saat saling bercengkrama dan berbagi dengan sesama santri sebagai sebuah keluarga besar SMP IT Dayah Darul Mutaallimin seraya tetap mengharapkan ridha dari Allah SWT. Dan dikabulkan segala cita-cita. amin



Share this article :

Post a Comment

 
Maker : Muhammad Djailani
Copyright © 2011. PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT - All Rights Reserved
powered by Blogger