PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT

MERAIH ASA JUARA "OSN TINGKAT PROVINSI"

Photo : Pembukaan OSN Tingkat Provinsi di Hotel Grand Aceh di Banda Aceh

"Membangun generasi berkarakter, berkualitas dan kompetitif, Menuju Aceh Caroeng", itulah tema yang diangkat pada pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi Aceh yang dilaksanakan hari ini, sabtu, 21 April 2018 di hotel Grand Aceh Syari'ah-banda Aceh.

Sebanyak 9 Orang Juara OSN kabupaten Aceh Barat, bersama kurang lebih 207 juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten berkumpul di banda Aceh dalam rangka mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi. para Juara kabupaten/kota akan berkompetisi memperebutkan juara satu, dua dan tiga sekaligus bersaing untuk mendapatkan tiket menjadi peserta OSN tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Padang pada bulan Mei 2018.
OSN BUKAN SEKEDAR MENCARI JUARA
Photo : Tim OSN Aceh Barat dilepas secara resmi oleh Sekdis Aceh Barat Bapak Drs. Sabirin

Penting untuk dicatat bahwa Olimpiade Sains Nasional (OSN) bukanlah semata-mata sebagai ajang untuk mencari juara satu, dua dan tiga. OSN merupakan sebuah kompetisi yang didesain untuk melahirkan generasi-generasi tangguh, ilmuwan hebat yang berkarakter.

OSN yang dilaksanakan secara ketat dan berjenjang diharapkan akan mampu melahirkan pribadi-pribadi yang memiliki disiplin tinggi, jujur dalam ucapan dan perbuatan, ulet dalam berjuang, teliti dalam mengerjakan sesuatu, cakap, cepat, cerdas dan semangat pantang menyerah dalam menempa diri.
Sehingga, menjadi juara OSN pada dasarnya hanyalah bonus yang akan diperoleh oleh para peserta yang memiliki integritas diri. Karena pada dasarnya hasil tidak akan menghianati usaha, begitupun juga jamak dipahami bahwa "apa yang kita tanam, itu juga yang akan kita petik".
SANG JUARA SEJATI
Photo : Sri Utari (paling kiri) salah seorang peserta OSN Aceh Barat tingkat Provinsi dari SMP IT Darul Mutaallimin

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, dll)

Hal yang penting juga haruslah difahami bahwa pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini bukanlah semata-mata untuk memilih dan memilah mana siswa yang berprestasi dan mana siswa yang tidak berprestasi untuk kemudian memberikan perlakuan yang berbeda kepada meraka.
Sebaliknya, dengan terpilihnya para juara OSN ini semoga dapat memicu semangat siswa-siswi lainnya, dan ketika kembali ke Kabupaten dan sekolah masing-masing, para juara dapat berbagi pengalaman dan mampu memotivasi siswa-siswi lainnya. Sehingga akan lahir kesadaran kolektif ditengah-tengah siswa akan pentingnya belajar dengan sungguh-sungguh dan semangat untuk terus memperbaiki diri menjadi pribadi yang berkarakter, berkualitas dan kompetitif.
Dengan demikian, tujuan pendidikan nasional "mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab". Insyaallah dapat tercapai. amin
Share this article :

Post a Comment

 
Maker : Muhammad Djailani
Copyright © 2011. PESANTREN DARUL MUTA'ALLIMIN ACEH BARAT - All Rights Reserved
powered by Blogger